INSANTV

DOSA- DOSA YANG DI SEGERAKAN ADZABNYA


DOSA- DOSA YANG DI SEGERAKAN ADZABNYA
            Sesungguhnya perbuatan dosa bisa mematikan hati dan melemahkan jiwa, hal ini dikarenakan jika seorang hamba berbuat dosa maka ada titik hitam yang melekat di hatinya. Jika bertambah dosanya, bertambah pula titik hitam di hatinya, tidaklah seorang hamba membiasakan dosa, kecuali hatinya menjadi hitam pekat. Sehingga kebenaran sulit menembus dan menerangi hatinya. Tetapi dosa itu bertingkat-tingkat, adapun di sini kami akan sedikit menjelaskan dosa-dosa yang disegerakan adzabnya.

1. Rakus dan tamak terhadap dunia.
            Berlebihan dalam mengejar dunia bisa menyeret pelakunya dalam kebinasaan dan kesedihan, Allahpun menghadiahkan untuknya dua balasan yang disegerakan di dunia, yang pertama: Allah cerai- beraikan urusannya, dan yang kedua: Allah jadikan dia terpuruk dalam kefakiran dan terputus dari sifat qona’ah.
2. Dzolim dan durhaka kepada orang tua.
            Rosulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
بابان معجّلان عقوبتهما في الدنيا : البغي والعقوق
Ada dua pintu (amalan) yang disegerakan balasannya di dunia: kedzoliman dan durhaka (pada orang tua). (HR Hakim dan dishohihkan al-Albani dalam ash-shohihah: 1120)
            Hal ini dikarenakan terkabulnya doa orang tua, apalagi disaat orang tua terdzolimi, maka berhati-hatilah wahai kaum muslimin dari berbuat dzolim dan durhaka kepada orang tua!
3. Meninggalkan dakwah (amar ma’ruf nahi mungkar)
            Dakwah merupakan perkara penting yang harus ditegakkan ditengah-tengah masyarakat, karena  jika tiang dakwah ini tumbang maka hancurlah masyarakat, tersebarlah maksiat, dan disaat itulah murka Allah datang menyapa. Rosulullah sholallahu ‘alahi wa sallam bersabda:
إنّ النّاس إذا رأوا الظّالم فلم يأخذوا يديه أو شك أن يعمّهم الله بعقاب.
Sesungguhnya jika manusia melihat orang yang berbuat dzolim kemudian tidak mencegahnya, maka dikhawatirkan Allah akan mengirim adzab kepada mereka secara merata.(Diriwayatkan Abu Dawud dalam sunannya: 4340, dan dishohihkan al-Albani dalam ash-Shohihah: 1564)
4. Sombong.
            Sombong merupakan perangai tercela, yang mengundang murka Allah, Rosulullah sholallahu ‘alahi wa sallam bersabda:
قال الله عزّ وجلّ: العزّ إزاري، والكبرياء رداءي، فمن ينازعني في واحد منهما فقد عذبته
Allah Azza wa Jalla berkat: Kemulian adalah sarungKu, dan kesombongan adalah selendangKu, maka barang siapa menyaingiKu dalam satu diantara dua hal tersebut, Aku akan mengadzabnya. (HR. Muslim)
5. Meminta-minta(mengemis)
            Meminta-minta adalah pekerjaan hina dan nista yang di benci Islam, dan barang siapa menjadikan pekerjaan ini sebagai profesi untuk menumpuk harta dan memperkaya diri, maka Allah akan menjadikan dirinya terjatuh dalam lembah kemiskinan dan selalu dalam kekurangan. Rosulullah sholallahu ‘alahi wa sallam bersabda:
ولا يفتح عبد باب مسألة إلاّ فتح الله عليه باب فقر
Tidaklah seorang hamba membuka pintu meminta-minta kecuali Allah bukakan untuknya pintu kefakiran. (HR. Ahmad dan dishohihkan al-Albani dalam shohih at-Targhib: 2462)
            Inilah beberapa dosa yang di segerakan adzabnya, dan mudah-mudahan Allah menjauhkan kita dari segala dosa dan memasukkan kita kedalam surganya amien.
From: Majalah Adz-Dzakhiirah Edisi 68.

0 komentar:

Posting Komentar